Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau
organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik
seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar
simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan
bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai
dari keluarga hingga negara,
dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu
dalam mencapai tujuannya. Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial
adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan
tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial
aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan
sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis
penghubungnya.
Beberapa contoh situs web jejaring sosial:
- Inggris - Facebook
- Inggris - Twitter
- Inggris - Youfriends
- Inggris - Friendster
- Inggris - Ketiker
- Inggris - Hi5
- Inggris - MySpace
Berikut ini 10 jaringan sosial terpopuler di dunia:
1. Facebook
Sampai saat ini Facebook masih memimpin dengan 750 juta pengguna. Tahun depan rencananya akan 'go public' dengan nilai yang dilaporkan sebesar US$ 100 miliar.
2. Qzone
Jaringan sosial ini menyediakan tempat menyimpan buku harian, berbagi foto dan mendengarkan musik. Walaupun situs dengan 480 juta pengguna ini memungut bayaran, perkembangannya sangat pesat di China.
3. Twitter
Dengan karakter pesan mencakup link ke konten online, Twitter telah mencapai 200 juta pengguna. Hal ini menarik sejumlah selebriti dunia dan mereka menyarankan situs itu dinilai sebesar US$ 10 miliar.
4. Renren
'Facebook China' ini populer di kalangan siswa. Jumlah penggunanya mencapai 160 juta orang. Diantaranya, 32.000 di universitas, 56.000 sekolah tinggi dan 85.000 dari perusahaan yang terdafatar di situs.
5. VKontakte
Seperti Renren, situs berjumlah 135 juta pengguna ini menawarkan fungsi mirip Facebook. Tetapi sebagian besar digunakan pengguna internet di Rusia.
6.Badoo
Situs ini dikelola dan dijalankan perusahaan Siprus di London. Sebagian besar penggunanya yang berjumlah 124 juta orang ini berbasis di Amerika Latin, Spanyol, Italia dan Prancis.
7.Bebo
Pernah dibeli AOL seharga US$ 850 juta. Lalu jejaring sosial dengan 117 juta pengguna ini, tahun lalu dijual ke Criterion Capital Partners kurang dari US$ 10 juta. Lalu diluncurkan kembali pada Februari lalu berdesain baru.
8.Linkedln
Jaringan sosial berbasis bisnis ini sahamnya melayang di pasar saham Amerika Serikat pada April lalu. Kejadian yang dialami jejaring sosial berjumlah 115 juta pengguna itu, bersamaan dengan harga saham yang dua kali lipat di hari pertama.
9.Orkut
Situs lain milik Google sangat populer di India dan Brazil. Namun gagal untuk membuat banyak dampak di negara lain. Kini penggunanya mencapai 100 juta orang.
10. MySpace
Pertama kali peluncuran MySpace begitu mendominasi pasar jaringan sosial. Tetapi eksistensinya menurun dari 2008. Kemudian dijual kepada Specific Media dan Justin Timberlake sebesar US$ 35 juta pada bulan Juni. Saat ini sudah ada 50 juta pengguna.
1. Facebook
Sampai saat ini Facebook masih memimpin dengan 750 juta pengguna. Tahun depan rencananya akan 'go public' dengan nilai yang dilaporkan sebesar US$ 100 miliar.
2. Qzone
Jaringan sosial ini menyediakan tempat menyimpan buku harian, berbagi foto dan mendengarkan musik. Walaupun situs dengan 480 juta pengguna ini memungut bayaran, perkembangannya sangat pesat di China.
3. Twitter
Dengan karakter pesan mencakup link ke konten online, Twitter telah mencapai 200 juta pengguna. Hal ini menarik sejumlah selebriti dunia dan mereka menyarankan situs itu dinilai sebesar US$ 10 miliar.
4. Renren
'Facebook China' ini populer di kalangan siswa. Jumlah penggunanya mencapai 160 juta orang. Diantaranya, 32.000 di universitas, 56.000 sekolah tinggi dan 85.000 dari perusahaan yang terdafatar di situs.
5. VKontakte
Seperti Renren, situs berjumlah 135 juta pengguna ini menawarkan fungsi mirip Facebook. Tetapi sebagian besar digunakan pengguna internet di Rusia.
6.Badoo
Situs ini dikelola dan dijalankan perusahaan Siprus di London. Sebagian besar penggunanya yang berjumlah 124 juta orang ini berbasis di Amerika Latin, Spanyol, Italia dan Prancis.
7.Bebo
Pernah dibeli AOL seharga US$ 850 juta. Lalu jejaring sosial dengan 117 juta pengguna ini, tahun lalu dijual ke Criterion Capital Partners kurang dari US$ 10 juta. Lalu diluncurkan kembali pada Februari lalu berdesain baru.
8.Linkedln
Jaringan sosial berbasis bisnis ini sahamnya melayang di pasar saham Amerika Serikat pada April lalu. Kejadian yang dialami jejaring sosial berjumlah 115 juta pengguna itu, bersamaan dengan harga saham yang dua kali lipat di hari pertama.
9.Orkut
Situs lain milik Google sangat populer di India dan Brazil. Namun gagal untuk membuat banyak dampak di negara lain. Kini penggunanya mencapai 100 juta orang.
10. MySpace
Pertama kali peluncuran MySpace begitu mendominasi pasar jaringan sosial. Tetapi eksistensinya menurun dari 2008. Kemudian dijual kepada Specific Media dan Justin Timberlake sebesar US$ 35 juta pada bulan Juni. Saat ini sudah ada 50 juta pengguna.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar